Luak Limo Puluah Dilanda Banjir, PKS Cepat Tanggap

0

PKS, Payakumbuh – Hujan terus menerus selama dua hari, Minggu dan Senin (7-8/2), membuat kawasan Luak Limo Puluah dilanda banjir. Di Kota Payakumbuh, banjir terjadi di Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Kecamatan Payakumbuh Utara. Air Batang Sinamar meluap dan naik ke sebagian rumah penduduk.

Banjir lebih parah terjadi di Kab. Lima Puluh Kota. Banjir menerjang kawasan Pangkalan menyebabkan ratusan warga mengungsi dan ratusan bangunan terendam banjir. Banjir nyaris menenggelamkan Kantor Mapolsek Pangkalan. Bahkan akses jalan Sumatera Barat-Riau sempat terputus. Selain di Pangkalan, banjir juga menerjang Kenagarian Sungai Naniang, Taram dan Andaleh. Meluapnya batang Sinamar dan Batang Sikali mengakibatkan sejumlah rumah, warung, jalan dan belasan hektar sawah tergenang banjir.

Melihat Luak Limo Puluah dilanda musibah, para Kader PKS tidak tinggal diam. Sebagai Partai Dakwah yang tidak hanya menjadi partai politik sekali lima tahun, PKS Kota Payakumbuh menunjukkan kepeduliannya. Bidang Kesejahteraan Sosial PKS Payakumbuh berkoordinasi dengan PKS Kab. Lima Puluh Kota berinisiatif menggalang dana. Tak ayal dalam waktu singkat dana sudah terkumpul lebih kurang 12 juta rupiah. Sumbangan berasal dari anggota legislatif Provinsi Sumatera Barat, Ust. Irsyad Syafar, Pembina Yayasan Insan Cendekia, Ust. Ahmad Maududi, dan kader-kader yang lain.

Para kader perempuan PKS tidak mau kalah dalam beramal. Mereka juga turun ke Pasar Payakumbuh untuk menggalang dana. Para pedagang memberikan sumbangannya sebagai bentuk kepedulian terhadap saudaranya yang kena musibah. Setelah seharian keliling Pasar Payakumbuh, Alhamdulillah terkumpul dana lebih kurang 1,5 juta rupiah. Dana yang terkumpul diserahkan kepada bendahara untuk dibelikan sembako dan kebutuhan lain yang diperlukan oleh korban banjir.

Setelah dana terkumpul dan sebagian dibelikan ke sembako, bada Zuhur gabungan relawan PKS Kota Payakumbuh dan Kab. Lima Puluh Kota langsung bertolak membawa bantuan ke Pangkalan. Sampai di Pangkalan, bantuan disalurkan melalui posko banjir PKS yang dikoordinir oleh DPC PKS Pangkalan untuk dibagikan kepada masyarakat korban banjir yang membutuhkan.

 

 

Berita Selengkapnya!

Tuliskan komentar Anda..