Tenaga Kerja Harus Tingkatkan Kompetensinya

0

PKSiana, Bandar Lampung – Memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), maka tenaga kerja Indonesia dituntut harus meningkatkan skillnya atau kompetensinya. Demikian disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Bandar Lampung Syarif Hidayat saat menjadi nara sumber dalam kegiatan Pembinaan Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) dan Antar Kerja Lokal (AKL) yang di selenggarakan oleh DinasTenaga Kerja Kotra Bandar Lampung di Hotel Kurnia Dua, Jumat (13/11).

Syarif memaparkan persolan persaingan tenaga kerja pada era MEA bukan hanya antar tenaga kerja local saja, tapi juga dengan tenaga kerja asing yang mengadu nasib di Indonesia.Makanya Syarif meminta para pencari kerja untuk meningkatkan kemampuannya.

“Kemampuan atau skill khusus yang dimiliki para pencari kerja tentunya menjadi nilai lebih dimata perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Maka sudah selayaknya para pencari kerja meningkatkan skill mereka, mempunyai keahlian khusus dan kalau bisa keahlian tersebut mempunyai sertifikasi, sehingga perusahaan-peusahaan yang butuh tenaga kerja tidak ragu untuk merekrutnya” kata Syarif.

Selainitu, politisi PKS ini juga menyoroti Dinas Tenaga Kerja Bandar Lampung.Menurut Syarif, Bandar Lampung saat ini sedang merintis untuk mempunyai Balai Latihan Kerja (BLK) sendiri. Untuk bisa punya BLK sendiri dan peralatan yang menunjang pelatihan, maka Dinas Tenaga Kerja harus mengusulakna tambahan alokasi dana dalam APBD Kota Bandar Lampung.

 

 

Berita Selengkapnya!

Tuliskan komentar Anda..