Setelah Sertifikat Adipura, Padang Raih Penghargaan Kota Sehat

0

PKSiana, Padang – Prestasi hebat terus diukir Kota Padang. Usai menerima sertifikat Adipura 2015, Padang kembali menerima penghargaan. Kali ini kota yang dipimpin pasangan Walikota H. Mahyeldi Dt Marajo dan Wawako Emzalmi itu dinobatkan sebagai kota tersehat.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia mengundang Walikota Padang menerima penghargaan Swasti Swara Swasti Saba Kesehatan 2015 di malam penganugerahan Penghargaan Kabupaten Kota Sehat 2015 di Hotel Bidakara Jakarta, Jumat (27/11).

“Alhamdulillah, setelah meraih sertifikat Adipura 2015, kita mendapat penghargaan kota sehat. Ini diperoleh setelah kita memenuhi sembilan variabel yang ditetapkan,” ujar Mahyeldi, Selasa (24/11) di Palanta kediamannya.

Penghargaan tersebut diraih Kota Padang sebagai salah satu kota ter-sehat dimana program dibidang kesehatan khususnya segi pelayanan ke masyarakat menjadi faktor utama penilaian dari penghargaan ini.

Variabel atau indikator kota sehat itu diantaranya adalah kawasan pariwisata sehat, kawasan kehidupan masyarakat yang sehat mandiri, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat. Kemudian, kawasan tertib lalu lintas dan layanan transportasi, kehidupan sosial yang sehat, serta ketahanan pangan dan gizi sehat. Penilaian ini dinilai setiap dua kali setahun.

“Penghargaan ini cukup berkaitan juga dengan sertifikat Adipura yang sudah kita peroleh,” sebut Walikota.

Direncanakan, penghargaan Kota Sehat 2015 tersebut dijemput langsung Walikota Padang ke Jakarta. Turut hadir diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Eka Lusthi, Kepala Bappeda Hervan Bahar, serta pengurus Forum Kota Sehat Kota Padang.(Charlie)

 

 

sumber : Humas dan Protokol Kota Padang

Tuliskan komentar Anda..