Sabar dan Syukur Kunci Kemenangan Bahrain-Hasyim di Pilkada Halsel

0

PKS, Jakarta – Pasangan Bahrain Kasuba-Iwan Hasjim berhasil memenangkan Pilkada Halmahera Selatan setelah melalui proses politik dan hukum cukup panjang. Sabar dan syukur menjadi kunci kemenangan duet yang diusung PKS ini.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPD Halmahera Selatan Muslih Haryanto pada siaran pers di salah satu tempat makan di daerah Cikini, Jakarta, Ahad (27/3/2016)

“Karena ada kecurangan pada 20 TPS yang kotak suaranya hilang, kita harus lawan. Intimidasi sudah biasa kami alami, bahkan sampai kekerasan fisik. Tapi kami tetep menahan, sabar. Jadi istilahnya kita bersyukur masih ada pertolongan Allah,” ujar Mukhlish

Menurutnya, meski pada awalnya KPUD menyatakan bahwa pasangan no.1 Amin-Jaya memenangkan pilkada, tetapi kondisi tersebut tetap tidak menjadi halangan bagi tim Bahrain-Hasyim untuk terus menegakkan kebenaran dan keadilan dalam demokrasi.

“Kita ini kan nyaris kalah ya, karena hasil KPUD sebelumnya telah menyebutkan yang menang mereka. Begitu juga dengan mereka hampir menang. makanya kita kenal istilah dalam Qur’an, Allah adalah sebaik pembuat makar seperti yang tadi sudah dijelaskan,” ucap Mukhlish.

Kronologi kejadian ini dimulai saat adanya indikasi kecurangan pada pilkada Kabupaten Halmahera Selatan tahun 2015 yang dilakukan oleh oknum KPU Halmahera Selatan dengan pihak terkait dengan menunggah dokumen palsu C1-KWK ke portal KPU RI sehingga hasil perolehan suara pasangan calon pun berbeda dengan hasil peroleh suara pasangan calon yang telah disahkan di tingkat PPK Kecamatan Kayoa Barat, Gane Timur Tengah, Gane Timur, dan Bacan.

Menindak kasus kecurangan tersebut, akhirnya KPU Halmahera Selatan dinonaktifkan karena terbukti terdapat oknum yang memalsukan dokumen C1-KWK. Mahkamah Konstitusi akhirnya menerima hasil gugatan pasangan Bahrain-Hasyim dan memutuskan untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) di 28 TPS di kecamatan Bacan dengan KPU Maluku Utara sebagai pengganti penyelenggara.

 

 

Berita Selengkapnya!

Tuliskan komentar Anda..