Reses, Nasir Djamil Minta Pemuda Aceh Jaga Perdamaian

0

BeritaSatu, Jakarta – Anggota Komisi III DPR, Nasir Djamil, meminta agar seluruh pemuda di Nanggroe Aceh Darussalam bekerja keras memelihara perdamaian yang sudah terjalin selama ini.

Hal itu disampaikannya dalam di hadapan warga masyarakat yang mengikuti resesnya di daerah pemilihan Meulaboh, Aceh, hari ini.

“Memelihara perdamaian Aceh yang sudah terbentuk ini merupakan harga mati dan kewajiban semua pihak termasuk Pemuda Aceh,” tegas Nasir, dalam keterangannya, diterima di Jakarta, Selasa (5/5).

Nasir menekankan para pemuda asal Aceh telah menghadirkan peristiwa-peristiwa besar bangsa Indonesia. Bersama para ulama, pemuda Aceh telah membuktikan bahwa satu-satunya wilayah Nusantara yang tidak bisa dikuasai oleh Belanda adalah di Aceh.

Walau demikian, dia mengingatkan bahwa Aceh juga memiliki sejarah konflik yang sangat panjang, dimana ribuan rakyat tewas dalam perang. Dampaknya, ekonomi hancur, tatanan sosial kacau, mental dan psikkologi masyarakat juga jatuh.

Tak hanya soal konflik, tahun 2004 Tsunami melanda Aceh. Pascatsunami, kata Nasir, merupakan titik awal dari resolusi konflik dan secercah harapan damai muncul. Pada akhirnya, pada 15 Agustus 2005, ditandatangani MoU antara pemerintah RI dan GAM di Helsinki Finlandia dan Aceh pun damai

“Saat ini Aceh sudah damai setelah berhasil melewati sejarah yang panjang yang penuh dinamika bagi masyarakatnya. Pemuda Aceh, harus mampu menjaga anugerah perdamaian ini yang begitu mahal ini,” ujarnya.

Dalam resesnya, Nasir Djamil bertemu dengan ratusan tokoh masyarakat, pemuda, dan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Aceh. Dalam kesempatan tersebut sejumlah tokoh menyampaikan berbagai aspirasi terkait persoalan yang selama ini mendera kehidupan masyarakat khususnya yang berada di kabupaten Aceh Jaya.

Sejumlah masalah yang dihadapi masyarakat dan dilaporkan kepadanya, kata Nasir, adalah seperti dampak kenaikan harga BBM naik ke kenaikan harga sembako. Sementara di sisi lain, pendapatan masyarakat justru turun.

 

 

Berita Selengkapnya !

Tuliskan komentar Anda..