Anis Matta: Audit Menyeluruh Kelayakan Alutsista TNI

0

PKSiana, Jakarta –┬áPresiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta menganjurkan untuk dilakukan audit menyeluruh kelayakan alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Anjuran itu disampaikan Anis setelah jatuhnya pesawat Hercules milik TNI Angkatan Udara di Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6).

“Karena kelalaian dalam menjaga kelayakan mahal ongkosnya. Kelayakan alutsista TNI bukan semata soal keselamatan manusia, tapi juga soal harkat bangsa,” ujar Anis dalam akun twitter miliknya, @anismatta, sesaat lalu (1/7).

TNI AU melalui Kepala Dinas Penerangan Marsekal Madya Dwi Badarmanto menyatakan, hingga pagi tadi jumlah korban tewas akibat jatuhnya pesawat Hercules C-130 milik TNI AU di Medan mencapai 130 orang.

Dari jumlah itu, 122 di antaranya berada di dalam pesawat, yakni 12 awak dan 110 penumpang yang terdiri dari prajurit TNI beserta keluarga mereka, dan ada juga penumpang sipil. Seperti yang dilansir oleh rmol

Belajar dari insiden jatuhnya pesawat Hercules C-130, Anis mengatakan perlunya ditelusuri bagaimana prosedur penumpang sipil bisa ada dalam penerbangan militer. Apalagi, penerbangan tersebut tidak diasuransikan.

Tuliskan komentar Anda..