PKS Minta Jaringan Pekerja Asing Ditertibkan

0

OKEZone, Jakarta РKetua Bidang Pekerja, Petani, dan Nelayan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Ledia Hanifa Amaliah menginginkan pemerintah benar-benar menertibkan tenaga kerja asing ilegal sekaligus menghentikan jaringannya dan memprioritaskan pekerja dalam negeri.

“Tertibkan para TKA (tenaga kerja asing) ilegal, hentikan kerja jaringannya,” kata Ledia Hanifa dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Menurut dia, memastikan pekerja Indonesia untuk diprioritaskan guna mendapatkan pekerjaan adalah bagian tanggung jawab pemerintah guna menjamin warga negaranya.

Lebih lanjut ia berpendapat, TKA ilegal dapat dengan bebas masuk dan bekerja di Indonesia dengan menggunakan visa biasa. Padahal, TKA yang datang ke Indonesia seharusnya memiliki visa kerja.

Ia juga turut prihatin dengan kondisi jumlah pengangguran yang cukup banyak di Indonesia, yang dinilai karena tidak berimbangnya jumlah lapangan pekerjaan dengan penambahan jumlah angkatan kerja.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri mengakui pemerintah tak bisa menolak masuknya pekerja asing terutama sejak berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN namun dia menegaskan bahwa para pekerja tersebut tetap harus mengikuti aturan yang berlaku.

“Di Indonesia, pekerja asing cukup ketat aturannya. Ada syarat kompetensi, alih teknologi. Intinya hanya pekerja yang memiliki keahlian saja yang boleh masuk. Selama mereka legal dan tak melanggar aturan tenaga kerja asing, tidak masalah,” tegas Menaker.

 

Berita Selengkapnya!

Tuliskan komentar Anda..