PKS: Krisis Aleppo Momentum Indonesia Perkuat Peran Kemanusiaan Dunia

0

Tribunnews, Jakarta – Ketua Fraksi PKS, Jazuli Juwaini, menilai fokus dunia terhadap Aleppo untuk menyelamatkan nyawa rakyat sipil yang terjebak dalam konflik bersenjata.

Semua negara harusnya mengambil peran dan tanggung jawab kemanusian tersebut tak terkecuali Indonesia.

“Indonesia harus mengambil momentum untuk memperkuat peran dan tanggung jawab kemanusiaan dunia dalam krisis Aleppo dengan menunjukkan determinasi dalam langkah dan tindakan diplomasi,” kata Jazuli, Senin (19/12/0/2016).

Menurutnya, determinasi diplomasi kemanusiaan Indonesia sangat strategis.

Hal itu untuk menunjukkan pada dunia umumnya dan rakyat Indonesia khususnya bahwa Indonesia konsen dan peduli pada nasib kemanusiaan dunia.

Khususnya terhadap penderitaan rakyat sipil di Aleppo.

“Inilah dignity atau kebanggaan kita sebagai bangsa yang menjunjung tinggi kemanusiaan yang adil dan beradab serta untuk memenuhi amanat konstitusi dalam menjaga ketertiban dunia berdasarkan perdamaian abadi,” kata Jazuli.

Untuk itu, lanjut Jazuli, Pemerintah RI bisa melakukan diplomasi multitrack dalam ikut menghentikan krisis kemanusiaan di Aleppo Suriah.

Pertama, secara bilateral pemerintah melalui Menteri Luar Negeri bisa menyampaikan nota keprihatinan serius dan meminta penyelesaian krisis kemanusiaan secara beradab.

 

 

Berita Selengkapnya!

Tuliskan komentar Anda..