PKS Apresiasi KPU Terima Rekomendasi Bawaslu

0

PKSiana, JakartaMardani Ali Sera juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mengapresiasi terobosan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang diikuti KPU. Yaitu tentang keputusan KPU menerima rekomendasi yang diberikan oleh Bawaslu untuk membuka kembali pendaftaran pasangan calon di tujuh daerah yang mempunyai calon tunggal di pilkada.

“Bagaimanapun demokrasi perlu dijalankan dengan prinsip pemenuhan semua hak rakyat dan pihak yang sudah mendaftar,” kata Mardani.

Karena itu, PKS mendorong partai politik untuk segera mengkonsolidasikan kekuatan mengusung pasangan untuk melawan calon tunggal yang sudah mendaftarkan diri untuk maju dalam Pilkada .

“Parpol mestinya segera mengkonsolidasi kekuatan dan dukungannya agar jendela kedua ini dapat ditutup husnul khotimah. Dimana semua daerah dapat melaksanakan pilkada serentak tahun ini,” kata Mardani, Jumat (7/8/2015).

Sebelumnya Husni Kamil Manik Ketua KPU menyatakan bahwa KPU menerima rekomendasi yang diberikan oleh Bawaslu melalui surat nomor : 0213/Bawaslu/VIII/2015 tertanggal 5 Agustus 2015 perihal perpanjang kembali waktu pendaftaran calon peserta pilkada pada tujuh kabupaten / kota yang masih memiliki calon tunggal. Seperti yang dilansir oleh tribunnews

“Sudah tiga tahun terakhir kami terima rekomendasi dari Bawaslu dan berdasar UU No 15 Tahun 2011 tentang penyelenggara pemilu, kami menerima dan akan menindaklanjuti rekomendasi tersebut,” jelas Husni pada konfrensi pers di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (8/6/2015).

Husni juga mengatakan bahwa seluruh keputusan yang diambil oleh KPU, sudah melalui koordinasi antar komisioner dan perangkat penyelenggara pemilu lainnya.

“Kami meyakini bahwa semua putusan yang kami buat saat ini sudah benar dan tidak ada yang dilanggar,” tambah Husni.

Berikut adalah keputusan KPU mengenai rekomendasi dari Bawaslu.

  1. Mencabut keputusan penundaan pada 7 daerah sebagaimana pada Surat KPU Nomor 443/KPU/VIII/2015 tanggal 3 Agustus di daerah masing-masing.
  2. Mengubah keputusan tentang tahapan, program dan penjadwalan dan penyusunan kembali tahapan lanjutan dengan pertimbangan tidak ada perubahan pada pemungutan tanggal 9 Desember.
  3. Memasukkan kegiatan sosialisasi selama 6 sampai 8 Agustus dan memulai kembali pendaftaran 9-11 Agustus. Dengan seluruh tahapan persyaratan pencalonan dan tahapan sesuai dengan PKPU No 2 Tahun 2015.
  4. KPU melakukan sosialisasi kebijakan terhadap partai politik.
  5. Menyampaikan keputusan pada kepala daerah kabupaten/kota dan DPRD setempat.

Tuliskan komentar Anda..