Petani Tak Takut Gagal Panen karena Dilindungi Asuransi

0

Surya.co.id, Surabaya – Petani di seluruh Jatim bakal tak risau atau takut lagi akan gagal panen. Apalagi khawatir harga panennya anjlok. Dalam waktu dekat ini akan segera berlaku Perda khusus perlindungan asuransi kepada petani.Komisi B DPRD Jatim saat ini terus menggodok Raperda agar segera menjadi Perda. Bahkan akhir Mei ini, Perda perlindungan petani melalui asuransi itu harus sudah disahkan.

“Untuk tataran gagasaan, ini luar biasa. Tapi semua tak mudah dalam pelaksanaannya. Ternyata pihak asuransi masih belum bisa mengakui komoditas pertanian di luar tanaman padi,” terang anggota Komisi B Yusuf Rohana, usai sidang paripurna, Senin (18/5/2015).Informasinya, asuransi untuk petani itu dipercayakan PT Jasindo sebagai BUMN. Namun badan ini hanya mampu mengcover komoditas padi saja. Kalau padi, asuransi berlaku sejak mulai tanam hingga proses penjualan.

Namun untuk komoditas lain seperti kedelai, tebu, cabe hingga bawang merah, dan komoditas pertanian lainnyan PT Jasindo tidak memiliki pengalaman serta tidak termasuk yang diback-up.

“Tapi kami akan upayakan komoditas lain masuk asuransi. Akan kita perjuangkan lewat Perda,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.
Selama ini, nasib petani di Jatim cukup memprihatinkan. Harus diperjuangkan. Saat panen tiba, harga ketujuh komoditas tersebut anjlok hingga harganya di bawah ongkos produksi. Pupuk mahal. Perlindungan asuransi adalah solusinya.

 

 

Berita Selengkapnya !

Tuliskan komentar Anda..