Pesawat Kebanggaan Indonesia R80 akan Lahir di Jawa Barat

0

PKSiana, Jakarta – Pesawat Terbang R80 karya anak bangsa yang akan clouse play di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) akan mulai dirakit.

PT BIJB selaku BUMD pengelola bandara akan menyiapkan lahan untuk membangun pabrik yang akan merakit sekaligus tempat publikasi R80 yang digadang-gadang akan menyaingi pesawat jenis ATR72 buatan Prancis dan Italia ini.

Hal itu tertuang dalam nota kerjasama antara Dirut PT BIJB Virda Eka Putra dengan Dirut PT Ilta Birekatama Ilham Akbar Habibie disaksikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, mantan Presiden RI BJ Habibie, Meristake M Nasir di kediaman Habibie, Jalan Patra Kuningan, Jakarta.

Menurut Dirut PT BIJB nota kerjasama ini juga mencakup pembangunan sistem bandara yang akan menerapkan konsep Aerocity Kertajati. Dimana di dunia hanya ada di negara Tiongkok yang juga menggunakan teknologi tersebut.

Pesawat R80 yang dirancang dan dikembangkan oleh BJ Habibie dan putranya, direncanakan akan terbang perdana di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, bertepatan dengan rampungnya bandara yang akan menjadi gerbang udara terbesar di Jawa Barat pada 2018 mendatang.

 

Sumber : JabarTV

Tuliskan komentar Anda..