Pemprov Jabar Siapkan Anggaran Darurat Bencana Rp 75 Miliar

0

PikiranRakyat, Sukabumi – Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan anggaran darurat bencana sebesar Rp 75 miliar. Tapi mendekati akhir 2015, anggaran darurat bencana itu belum terpakai untuk menangani kebencanaan.

“Tapi memasuki musim hujan, kita lakukan antisipasi bencana alam di sejumlah daerah. Diantaranya, menyiapkan dana kebencanaan. Tapi sampai saat ini, dananya belum terpakai karena belum ada bencana dengan skala besar,” kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Kamis (19/11/2015).

Disela-sela kegiatan Ngamumule Lembur ke- 3 di Lapang Desa Nyalindung, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi, Ahmad Heryawan mengatakan hampir seluruh daerah di kawasan selatan Jawa Barat, termasuk wilayah rawan bencana. Kabupaten Sukabumi termasuk salah satunya.

“Hampir seluruh daerah di Jawa Barat, lahan yang terbentuk dari lava akibat letusan gunung api. Sehingga kondisi ini, berdampak tidak hanya subur luar biasa. Tapi sisi lain, konturnya mudah patah dan mudah longsor,” katanya.

Untuk mengantisipasi bencana alam merengut jiwa warga, kata Ahmad Heryawan, pemerintah selalu berkoordinasi dengan Badan Geologi untuk memperoleh informasi. Terutama di beberapa daerah yang kondisi tanah labil. Informasi yang diberikan kepada setiap daerah akan menjadi acuan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

 

 

Berita Selengkapnya!

 

Tuliskan komentar Anda..