Pakar: KMP Bakal Menyisakan Gerindra dan PKS

0

BeritaSatuCom, Jakarta – Pengamat politik Ray Rangkuti meyakini Koalisi Merah Putih (KMP) yang menjadi mayoritas di DPR ke depan bakal menyisakan dua fraksi yaitu, Gerindra dan PKS. Fraksi-fraksi lainnya seperti Golkar, PAN, dan PPP bakal menarik dukungannya.

Sinyalemen tersebut muncul dari rendahnya dukungan anggota KMP terkait wacana hak angket terhadap Menkumham Yasonna Laoly. “Artinya, anggota setia KMP kelak hanya Gerindra dan PKS,” kata Ray, di Jakarta, Rabu (25/3).

Menurutnya, hanya Gerindra dan PKS yang secara tegas mendukung hak angket untuk Menkumham. Sedangkan Golkar dan PPP hanya segelintir anggota fraksinya. PAN masih kalem merespon wacana tersebut.

Ray menilai, hal itu menandakan hanya Gerindra dan PKS yang menghendaki KMP berdiri utuh, sedangkan fraksi atau parpol-parpol lain terkesan mulai bersiap angkat koper dari KMP.

“Jika keterlibatan Golkar lebih bersifat individu, tetapi untuk PKS dan Gerindra terlihat sudah seperti membawa gerbong fraksinya. Kukuhnya PKS dan Gerindra untuk mendorong hak angket kemungkinan karena ingin terus menyolidkan KMP sebagai oposisi,” katanya.

 

Berita selengkapnya!

Tuliskan komentar Anda..