Padang Menuju Kota Bebas Sampah

0

Berita Satu, Padang – Pemerintahan Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), sedang berusaha untuk menjadikan daerah itu menjadi kota sehat dan terbebas dari sampah.

“Mari kita sama-sama menjaga kebersihan, karena cara menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kebersihan,” kata Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Padang, Selasa (29/9).

Ia berharap, pada 1 Oktober 2015, Kota Padang sudah terbebas dari sampah, sehingga kota sehat dapat terwujud.

Untuk mengawasi kebersihan setiap sudut kota, wali kota mengintruksikan camat dan lurah untuk turun ke lapangan memantau masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Jika ada warga yang kedapatan membuang sampah tidak pada tempatnya, maka warga tersebut akan diberi peringatan dan sanksi jika berulang,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk membantu lurah dalam mengawasi warga sekitar, Pemkot Padang memberikan kendaraan operasional khusus kepada seluruh lurah di kota tersebut.

Selain itu, lurah juga memperoleh tunjangan atau insentif yang besarnya cukup besar, yaitu Rp 2,5 juta per bulan.

“Semua yang Pemkot berikan kepada lurah tersebut adalah untuk mengawasi kebersihan kota dan lainnya,”jelasnya.

Ia juga meminta, agar warga menerapkan pola hidup sehat dengan rajin berolahraga, karena dengan rutin berolahraga akan memiliki fisik yang sehat dan kuat.

“Saat kota sehat sudah terwujud, tentunya hal tersebut akan mengurangi jumlah warga yang sakit,” katanya menambahkan.

Warga Padang menyambut baik rencana Pemkot untuk menjadi kota sehat dan terbebas dari sampah, karena akan membuat kota terlihat lebih indah dan terhindar dari penyakit.

Salah seorang warga Kelurahan Sungai Sapih Padang, Erna (40), mengatakan mendukung rencana Pemkot tersebut.

“Semoga dengan ada pengawasan yang lebih ketat dapat merubah kebiasaan warga yang membuang sampah sembarangan,”katanya.

Menurutnya, masih banyak warga yang membuang sampah sembarangan, meskipun Pemkot Padang sudah menerapkan Peraturan Daerah tentang sampah.

 

 

sumber : Berita Satu

Tuliskan komentar Anda..