Mukernas Jadi Ajang Panaskan Mesin Partai

0

Tribunnews, Jakarta – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-4 pada 3-4 November 2015. Mukernas berlokasi di Hotel Bumi Wiyata, Depok.

Presiden PKS Sohibul Iman menyatakan PKS akan menyusun 70 program pelayanan untuk bangsa dan negara. Program-program tersebut terbingkai dengan tema PKS Berkhidmat untuk Rakyat.

“Ada 70 program yang nanti ada pengayaan di Mukernas,” ujarSohibul Iman dalam keterangannya, Selasa (2/11/2015).

Sohibul Iman mengatakan, Mukernas merupakan tindak lanjut dari Musyawarah Nasional (Munas) yang digelar September 2015 lalu. Pada Munas, lanjut dia, telah dihasilkan 9 amanat Munas dan 39 cakupan amanat Munas yang meliputi bidang politik, sosial, hukum, pendidikan, dan budaya.

“Mukernas ini sebagai turunan dari Munas. Amanat yang dihasilkan Munas, lalu diterjemahkan ke dalam program-program kerja nyata melalui Mukernas,” jelas Sohibul Iman.

Oleh karena itu, tambah mantan wakil ketua DPR ini, tema Mukernas kali ini masih sama dengan Munas, yaitu Berkhidmat untuk Rakyat. Tema besar PKS ini, sesuai dengan visi besar PKS untuk menjadikan partai sebagai Kontributor Peradaban; Pelopor Pelayanan, Pemberdayaan, dan Pembelaan; Good Party Governance; dan Bersih, Peduli dan Profesional.

Lebih lanjut Sohibul mengatakan program-program kerja nyata PKS dibagi ke dalam enam cluster, antara lain kebijakan publik, penguatan kader dan struktur, pusat khidmat PKS, penyerapan aspirasi, dan pengelolaan partai yang baik.

Pusat khidmat PKS, kata Sohibul, merupakan formula PKS untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, bangsa dan negara. Ia mencontohkan, Pos Wanita Keadilan (Pos WK) dan Rumah Keluarga Indonesia (RKI) yang sudah dibentuk muslimah PKS untuk memberikan pelayanan di bidang perempuan dan ketahanan keluarga masyarakat.

Mukernas ke-4, lanjutnya, juga menjadi forum bagi PKS untuk memanaskan mesin politik jelang digelarnya Pilkada serentak pada Desember 2015 mendatang. Dalam Mukernas tersebut, PKS akan mengundang seluruh calon kepala daerah yang diusung untuk melakukan konsolidasi dan menandatangani pakta integritas Pilkada.

“Mukernas menjadi ajang konsolidasi paling pas untuk Pilkada, karena Mukernas diisi oleh kepemimpinan wilayah yang baru,” tegas Sohibul Iman.

Sohibul menyebut para calon juga akan menandatangani pakta integritas sebagai bukti komitmen melakukan proses demokrasi yang bersih. Dia mengungkapkan konsolidasi internal untuk Pilkada sudah dilakukan setelah dilakukannya Munas beberapa waktu lalu.

Konsolidasi serentak dan bergilir melalui Musyawarah Wilayah (Muswil) PKS di seluruh provinsi, dan kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

 

 

Berita Selengkapnya!

Tuliskan komentar Anda..