Mahfudz Siddiq: Sutiyoso Jadi Kepala BIN Sangat Tergantung Hasil Uji Kelayakan

0

RMOL, Jakarta – Di saat banyak desakan agar Sutiyoso mundur dari jaba­tannya sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatu­an Indonesia (PKPI), Komisi I DPR telah membuat ancang-ancang fit and proper test terhadap calon tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu pada 23-26 Juni 2015.

Pertanyaannya, apakah Sutiyoso akan mundur sebelum fit and proper testatau setelah ditetapkan menjadi Kepala BIN. Yang jelas, Bekas Pangdam Jaya itu memang sudah mempersiap­kan akan mundur dari jabatan­nya di PKPI.

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah merasa yakin bekas Gubernur DKI Jakarta itu akan mudah melalui fit and proper test asal melepaskan posisinya sebagai politisi.

Bagaimana tanggapan Komisi I DPR yang bertugas melaku­kan fit and proper tes terhadap Sutiyoso? Simak wawancara dengan Ketua Komisi I DPR Mahfudz Siddiq, di Gedung DPR/MPR, Jakarta, kemarin;

Kapan akan dilakukan fit and proper test?
Komisi I DPR kemungkinan besar akan menggelar uji ke­layakan dan kepatutan terhadap calon Kepala BINpada 23-26 Juni 2015. Tentunya setelah dilakukan paripurna pembacaan surat masuknya pengajuan Sutiyoso ke DPR yang akan dilaksanakan pekan ini.

Apa akan diloloskan DPR?
Kemungkinan lolos atau tidaknya Sutiyoso sebagai Kepala BIN, saya nggak bisa menjamin. Lihat nanti saat fit and proper test. Untuk menin­daklanjuti itu kami menunggu paripurna.

Setelah itu akan digelar rapat Badan Musyawarah (Bamus) atau rapat pengganti Bamus yang digelar satu atau dua hari pasca paripurna. Kemudian Komisi I DPR akan memper­siapkan uji kelayakan terhadap Sutiyoso.

Bagaimana mekanismenya?
Kami akan persiapkan me­kanisme fit and proper test. Kalkulasi kami fit and proper ini baru bisa dilaksanakan antara 23-26 Juni. Persisnya kapan, itu akan tunggu kepastian.

Kira-kira Sutiyoso lolos da­lam fit and proper test?
Semua itu tergantung pada pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan.

Jika, yang bersangkutan memiliki visi dan misi yang ba­gus tentang BIN, dan mampu menjawab pertanyaan anggota dengan baik. Maka, besar ke­mungkinan lolos.

Apa yang Anda lakukan menjelang fit and proper test?

Komisi I DPR sebagai mitra BIN akan mempelajari ter­lebih dahulu terkait pemilihan Sutiyoso sebagai calon Kepala BIN tersebut. Saat fit and proper test kan harus kita lihat, cocok nggak. Tapi orangnya gaul, co­cok jadi Kepala BIN, kan kalau intel harus gaul orangnya.

Menurut Anda Sutiyoso co­cok menjadi Kepala BIN?
Saya sih menilai Sutiyoso merupakan sosok yang cukup berpengalaman dalam dunia intelejen. Kalau menurut saya dia baik, punya pengalaman yang cukup di dunia militer, dan punya latar belakang intelijen.

Bagaimana usia Sutiyoso?
Walau sudah berumur, seki­tar 70 tahun, namun Sutiyoso memiliki pergaulan yang luas. Beliau orangnya gaul walaupun sudah cukup berumur.

Apa harapannya?
Yang terpenting sosok Sutiyoso jangan sampai menimbulkan pole­mik dan gesekan di masyarakat.

 

 

Berita Selengkapnya !

 

Tuliskan komentar Anda..