Kunjungan Muhibah Fahri Hamzah ke Baku, Azerbaijan

0

PKSiana, Jakarta – Delegasi DPR, dipimpin Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah kunjungan muhibah ke Baku, Azerbaijan (17/2). Kunjungan ini dalam rangka untuk meningkatkan hubungan bilateral Indonesia-Azerbaijan.

Poin-poin dalam pertemuan delegasi Parlemen Indonesia dengan Parlemen Azerbaijan :

1. Mendorong pertemuan kedua kepala negara untuk semakin mempererat hubungan dan memperluas kerjasama di berbagai sektor, dan kedua negara adalah sama-sama menjadi anggota PBB dan OKI. Fahri Hamzah juga menandaskan jika hubungan antara para pejabat negara baik maka akan berdampak pada hubungan bisnis dan sektor lain seperti pendidikan dan tenaga kerja.

2. Parlemen Azerbaijan mengapresiasi tingkat demokrasi dan perlindungan HAM di Indonesia yang sudah berjalan dengan baik dan dapat dijadikan percontohan.

3. Parlemen RI juga meminta dukungan kepada Azerbaijan dalam penyelesaian konflik yg sdh berkepanjangan dengan Armenia di Nagorno Karaba. Indonesia menurut Fahri Hamzah akan mendukung kedaulatan wilayah Azerbaijan dan upaya untuk mengambil kembali Nagorno Karaba ke pangkuannya.

4. Juga mendorong kepada forum internasional dalam menegakkan keadilan dalam kasus pembantaian di Xocali. Kejahatan kemanusiaan, Indonesia mendorong untuk dibentuk tim pencarian fakta dengan didukung oleh forensik yang modern, dan Indonesia sdh mengirimkan Komnas HAM ke Xojali, dan memang ada indikasi mengarah ditemukannya genosida.

5. Hub ekonomi Indonesia-Azerbaijan cukup tinggi mencapai 2 milliar US Dollar di th 2012, tapi saat ini turun akibat harga minyak dunia anjlok. Diharapkan dapat membuat task force utk meningkatkan hubungan ekonomi yang lebih maju.

6. Angka Impor Indonesia dari Azerbaijan memang tinggi tapi timpang disisi ekspor. Kedepan diharapkan akan seimbang pada ekspor dan impor kedua negara.

7. Dr Qurtubi anggtota rombongan parlemen Indonesia juga menambahkan soal kerjasama perdagangan di bidang energi terutama minyak agar bisa berjalan jangka panjang dan mendorong tukar menukar invertasi di bidang energi.

Tuliskan komentar Anda..