PRESS RELEASE KBRI BAKU: Suksesnya Kunjungan DPR-RI Membawa Misi Diplomasi Indonesia

0

PKSiana – Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dipimpin Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra melakukan kunjungan resmi ke Republik Azerbaijan pada tanggal 17-20 Februari 2016. Selama kunjungan, Delegasi DPRI-RI melakukan audiensi dengan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev dan Ketua DPR Azerbaijan, Mr. Ogtay Asadov. Selama di Baku, Delegasi DPR-RI juga melakukan pertemuan dengan Deputi Menteri Luar Negeri, Mahmud Mammadquliyev, Menteri Tenaga Kerja dan Perlindungan Sosial, Salim Muslumov, anggota Indonesia-Azerbaijan Inter-parliamentary Friendship Group, serta Komite Pemilihan Umum Azerbaijan.

Dalam pertemuan dengan Presiden Aliyev di kediamannya yang berlangsung sangat akrab, Presiden Aliyev menyampaikan terima kasih atas kunjungan Delegasi DPR-RI seraya mengungkapkan harapannya agar hubungan bilateral antar kedua negara dapat terus ditingkatkan di masa mendatang. Terlebih karena peta geopolitik saat ini sebenarnya memunculkan adanya kesempatan bagi kedua negara untuk menjalin kerja sama lebih erat.

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah menyampaikan terima kasih atas waktu pertemuan dengan Presiden Aliyev dan menilai pertemuan tersebut memberi tambahan keyakinan bagi pihak Indonesia bahwa hubungan antara Azerbaijan dan Indonesia di semua bidang harus menjadi komitmen bersama. Secara khusus Fahri Hamzah mengingatkan undangan dari Menteri Luar Negeri Indonesia untuk hadir pada KTT OKI di Jakarta, 6-7 Maret 2016 mendatang.

Dalam kunjungan ini DPR-RI menegaskan dukungan Indonesia kepada Azerbaijan, sesuai doktrin hukum internasional, dalam sengketa wilayah dengan Armenia di Nagorno-Karabakh. Fahri Hamzah juga menyampaikan bahwa Indonesia mendukung upaya penyelesaian konflik di wilayah tersebut melalui cara-cara damai tanpa menggunakan kekerasan.

Satu hal yang menarik dalam kunjungan ini adalah permintaan mendadak Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev untuk bertemu dengan Fahri Hamzah dan anggota DPR-RI lainnya yang tidak dijadwalkan sebelumnya. Delegasi DPR-RI tiba di Baku hari Selasa, 16 Februari 2016 dipimpin oleh Wakil Ketua DPR-RI, Fahri Hamzah, didampingi oleh Prof. Dr. Kurtubi (Fraksi Nasdem, Komisi VII Bidang Energi dan Sumber Daya Alam), Zainut Tauhid (Fraksi PPP, Komisi IV Bidang Pertanian, Kelautan dan Kehutanan), Mahfudz Abdurrahman (Fraksi PKS, Komisi V Bidang Infrastruktur), Ahmad Zainuddin (Fraksi PKS, Komisi I Bidang Hubungan Luar Negeri, Militer, dan Informasi Telekomunikasi), serta tiga orang staf dan satu orang jurnalis dari TV Parlemen. Delegasi kembali ke Jakarta pada hari Sabtu, 20 Februari 2016.

 

 

Baku, 20 Februari 2016

Tuliskan komentar Anda..