Ini Harapan Aher kepada Bupati Pemenang Pilkada Serentak

0

PKS, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menitipkan daerah kabupaten kepada pasangan calon yang menang dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2015. Daerah dengan bupati dan wakil bupati terpilih harus senantiasa menjaga dan membawa kemajuan daerahnya.

“Siapapun pemenangnya harus membawa lebih maju daerahnya. Kemudian juga senantiasa perkuat ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat, terutama harus meningkatkan layanan kesehatan dan pendidikan,” terang Aher di Bandung, Kamis (10/12).

Salah satu contohnya, lanjut Aher, adalah Kabupaten Karawang. Menurut dia, sebagai lumbung padi, Karawang jangan ada lagi alih fungsi lahan dari pertanian menjadi lahan industri secara masif, meskipun memang ada perubahan pola ekonomi masyarakat yang  mengarah peningkatan kesejahteraan.

“Pola ekonomi yang berubah dari petani menjadi industri memang tak bisa dihindari, yang penting mempengaruhi ekonomi masyarakat menjadi lebih maju. Namun agar Karawang tetap jadi lumbung padi, saya nitip jangan ada alih fungsi lagi,” ujarnya.

Menurut dia, setelah ada alih fungsi lahan pertanian dipastikan akan ada penurunan produksi padi, dan itu harus menjadi pemikiran ke depan bagaimana produksi ditingkatkan lagi.

“Misalnya sekarang satu hektar sawah mampu menghasilkan enam ton, sebisa mungkin dengan adanya alih fungsi produksi padi harus menjadi 10 ton/hektar. Disitu akan ada keseimbangan antara petani dan masyarakat industri,” katanya.

 

 

Berita Selengkapnya!

Tuliskan komentar Anda..