Indonesa Tidak Boleh Jatuh dalam Perebutan Kekuasaan antara Amerika dan Tiongkok

0

PKSiana, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah hari ini (3/12) menerima Wakil Menteri Luar Negeri Qatar H .E. Mohammed bin Abdullah Al-Rumaihi di kantornya Gedung Nusantara III lantai IV. Wakil Menteri Luar Negeri didampingi oleh sejumlah staf kedutaan besar Qatar di Jakarta.

Dijumpai seusai menerima tamu kenegaraan tersebut, Fahri Hamzah menjelaskan tentang tujuan kedatangan Wakil Menteri Luar Negeri Qatar.

“Beliau datang untuk menyampaikan pentingnya Qatar sebagai bagian dari negara berpenduduk Muslim, negara Timur Tengah dan negara Teluk berperan lebih untuk memastikan terjaganya keamanan wilayah, dengan menjalin hubungan baik dan kerja-sama dengan negara besar dan Adidaya seperti Amerika, Rusia, dan negara-negara Eropah lainnya, serta India dan Cina, dan negara-negara Asia lainnya termasuk Indonesia, Iran, Irak, dan seterusnya”, ungkap Fahri.

Sebagaimana diketahui, di kawasan Timur Tengah saat ini masih berkecamuk pertempuran yang melibatkan berbagai negara dengan jumlah korban jiwa mencapai ratusan ribu jiwa dan jutaan orang mengungsi. Untuk itu Qatar menawarkan diri menjadi mediator bagi pihak-pihak negara yang berkonflik dengan menjadi tuan rumah pertemuan internasional dalam rangka menemukan solusi win-win untuk para pihak. Pihak Qatar juga menawarkan kesediaan penuh pihaknya untuk menjadi tuan rumah kegiatan diplomasi internasional yang dipandang perlu dilakukan oleh pihak Indonesia.

Ditanya tentang sejauh mana pentingnya hubungan bilateral antara Qatar dan Indonesia, Fahri mengungkapkan, “Perlu sekali hubungan bilateral yang lebih antara pihak Qatar dan Indonesia dalam rangka hubungan diplomatik dan ekonomi, mengingat perkembangan regional dan global saat ini”.

Wakil Menlu Qatar juga menyampaikan bahwa Qatar adalah juga bagian dari kawasan Asia sehingga berkepentingan untuk dapat menjadi bagian dari pasar Asia yang saat ini dikuasai oleh Cina, Jepang dan Korea Selatan, dimana Cina tampaknya tengah berusaha menyaingi kekuatan ekonomi Jepang dan Korea Selatan, tambah Fahri.

“Kami tidak mau Indonesia jatuh ke dalam perebutan kekuasaan antara Amerika dan Cina, sehingga dipandang perlu untuk menguatkan hubungan regional dan global antar negara-negara Muslim baik di Asia maupun di luar Asia”, tandas Fahri lebih jauh.

Selanjutnya Fahri menyampaikan bahwa DPR menyambut baik undangan dan tawaran Qatar untuk berkunjung ke Qatar, dan akan berencana akan merangkaikan kunjungan ke Qatar dengan kunjungan ke Negara lainnya tahun depan.

Tuliskan komentar Anda..