Fraksi PKS: Jangan Mencari Keuntungan di Proyek PDAM

0

SerambiIndonesia, Aceh – Keluhan masyarakat tentang pelayanan PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) tidak pernah reda, bahkan dari hari ke hari terus meningkat. Hal ini tidak lain karena masyarakat memang sangat membutuhkan air, terutama untuk kebutuhan konsumsi dan juga cucian. Selama ini hanya PDAM yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut, artinya tidak ada pilihan lain bagi warga.

Kali ini, keluhan yang serupa disampaikan anggota DPRK Banda Aceh dari Fraksi PKS, Mukminan. Persoalannya adalah Mukminan menemukan adanya pipa PDAM tumpang tindih ditanam di bawah jalan dan lorong-lorong kota. Menurutnya, pipa yang berlapis itu bukannya memperlancar suplai air, tetapi diyakini untuk memperkaya pihak-pihak tertentu melalui proyek pipanisasi yang sebenarnya tidak perlu.

Mukminan melaporkan tentang masih tingginya keluhan warga terhadap pelayanan air bersih di Kota Banda Aceh. Padahal, kata Mukminan, sejak masa-masa darurat pascatsunami hingga 2014 sudah lebih Rp 100 miliar digelontorkan dana untuk pembangunan jaringan pipa PDAM di Kota Banda Aceh.

Mukminan merincikan, pada tahun 2007 ada Rp 80 miliar bantuan JICS (Jepang) dan BRR untuk jaringan pipa PDAM. Kemudian, masih untuk proyek yang sama, pada 2012 sebesar Rp 8,3 miliar dari sumber APBK/pelaksana Dinas PU, tahun 2013 Rp 12,5 miliar sumber APBK/pelaksana Dinas PU), dan tahun 2014 Rp 11,5 miliar sumber APBK/pelaksana Dinas PU.

Menurut Mukminan, karena begitu lancarnya proyek pipa, akibatnya pada satu jalur yang sama ada dua, tiga, empat, bahkan lima jaringan pipa. Padahal, air dari mesin pembangkit Lambaro hanya melalui satu pipa. Selebihnya, hanya untuk merealisasikan proyek, tanpa peduli apakah bermanfaat atau tidak.

Sekali lagi, apa yang disampaikan Mukminan sebenarnya sudah menjadi rahasia umum bagi warga kota. Hanya saja masyarakat tidak tahu harus mengadu atau menyampaikan kemana keluhannya itu. Melaporkan ke PDAM juga sudah menjadi pekerjaan rutin, namun persoalan yang timbul juga tidak pernah selesai.

 

 

Berita Selengkapnya !

Tuliskan komentar Anda..