Fahri Hamzah Kunjungan ke Aceh: Saya Menyemangati Pertumbuhan Daerah

0

PKSiana, Aceh – Wakil Ketua DPR-RI Bidang Korkesra, Fahri Hamzah, melakukan kunjungan selama 3 hari ke Aceh. Saat jumpa pers usai bertemu dengan pemuka agama, Muspida dan organisasi kemasyarakatan di kediaman Bupati Aceh Barat, Fahri menyampaikan bahwa kunjungannya berfokus ke daerah-daerah yang sedang tumbuh.

Yang dimaksud wilayah yang sedang tumbuh misalnya sedang menuju pemekaran, sedang proses menjadi provinsi baru dan sedang pesat pembangunan infrastruktur serta SDM-nya. “Saya datang ke Meulaboh (untuk) menyemangati. Supaya daerah-daerah itu punya kapasitas yang juga bertumbuh untuk mengelola wilayahnya sendiri. Aceh Barat sedang membangun kampus besar Universitas Teuku Umar. Itu perlu kita dukung,” ujar Fahri.

Ia juga berharap daerah-daerah yang sedang menggeliat benar-benar dibantu dan diperhatikam pusat. APBN harus optimal berpihak ke daerah, contohnya alokasi dana desa. “DPR sudah berjuang agar APBN berpihak ke rakyat dan pengembangan wilayah. Itu juga harus terus diawasi dan diarahkan agar optimal,” tambahnya.

Khusus Aceh, Fahri menambahkan bahwa seharusnya kampus jadi pusat studi Islam dunia. Ia mencontohkan bahwa Inggris menjadi pusat keuangan syariah dunia. Singapura sudah meregulasi bisnis keuangan syariah dalam negaranya. Malaysia memosisikan diri sebagai pusat pertumbuhan industri keuangan. Aceh yang memiliki histori dan sumber daya sudah punya mimpi itu, kini tingal keseriusan mewujudkannya.

Kunjungan kerja Fahri Hamzah ke Aceh dipusatkan di Meulaboh, Aceh Barat pada 19-21 November 2015. Diantaranya meninjau pendirian kampus Universitas Teuku Umar (UTU), mendengar presentasi master plan dan kuliah umum “Pendidikan dan Jati Diri Bangsa” di kampus yang sama. Selain itu Fahri dijadwalkan menjadi khotib shalat Jumat di Masjid Raya Meulaboh, dan juga bertemu Bupati, tokoh masyarakat, Muspida dan Gubernur Aceh.

Tuliskan komentar Anda..