Fahri Hamzah: Jadikan Timur Indonesia Poros Global Baru

0

PKSiana, Maluku Utara – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyebut rendahnya penetrasi infrastruktur telekomunikasi menjadi salah satu sebab tertinggalnya wilayah timur Indonesia dalam banyak hal. Hal itu disampaikannya di depan mahasiswa dan civitas akademi Universitas Nuku, Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara hari Kamis 12 Mei 2016 lalu. Penekanan yang sama disampaikannya dalam ceramah umum dan pelantikan Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KA KAMMI) Wilayah Maluku Utara pada hari yang sama.

Infrastruktur telekomunikasi akan mampu mempermudah akses dan jalan digital dari dan ke wiltim. Ia menyebutkan anak muda di wilayah timur Indonesia seharusnya bisa membagikan dan menyerap informasi sama mudah dan sama cepat dengan anak muda seluruh Indonesia, terutama di wilayah barat. Dengan cara itu, pemikiran-pemikiran dari timur, yang dari dulu diwarnai semangat maritim, ekspansi dan keberanian bisa menjadi mainstream di Indonesia.

“Bayangkan pada abad 15-16 Eropa datang jauh-jauh ke Ternate dan Tidore untuk menguasai sumber daya alam, dan VOC bisa menyelematkan kebangkrutan negeri Belanda dengan rempah dari timur yang bernilai tinggi, apa yang salah saat ini sehingga orang Jakarta pun lebih menoleh ke Singapura dan Hongkong daripada Maluku dan Papua?”, tegas Fahri di depan para mahasiswa.

Selain itu, ide tentang poros timur juga makin menguat saat Fahri memberikan orasi dan menyaksikan pelantikan Keluarga Alumni Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim (KA KAMMI). KAMMI adalah organisasi pergerakan mahasiswa yang Fahri deklarasikan di Malang pada 1998. insya Allah berharap KA KAMMI makin menjadi enabler dan fasilitator berkembangnya ide besar tentang Indonesia di masa datang.

Kunjungan kerja Wakil Ketua DPR RI yang dilaksanakan pada 12 Mei 2016 lalu juga diisi dengan ceramah ilmiah di depan para ketua SKPD di lingkungan Pemprov Maluku Utara, pertemuan dengan Kesultanan Tidore serta pertemuan dengan media dari Maluku dan Maluku Utara.

Tuliskan komentar Anda..