Fahri Hamzah Dorong Pemerintah Membuat Proposal Penanggulangan Bencana

0

BeritaSatu, Sinabung – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mendorong pemerintah pusat untuk membuat satu proposal yang komprehensif soal penanggulan bencana untuk menyelesaikan masalah-masalah akibat bencana. Selama ini, pemerintah pusat dinilai belum memiliki satu agenda komprehensif untuk penanganan bencana sehingga bantuan bencana pun menjadi parsial dan tidak sistematis.

“Kita tidak pernah memetakan secara detail permasalahan sehingga tidak ada penanganan bencana yang komprehensif. Pemerintah pusat tidak punya proposal yang komprehensif. Kalau ada proposal maka kami di DPR akan memasukkan dalam anggaran penyelesaian masalah. Kalau ini bisa dilakukan segera, maka bulan Agustus ini bisa dibahas untuk ditetapkan dalam APBN 2016,” ujar Fahri, saat dihubungi, Kamis (9/4).

Saat ini, Fahri tengah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karo, Sumatera Utara, membawa bantuan DPR untuk korban erupsi Gunung Sinabung.

Tanpa langkah komprehensif, terangnya, maka kebijakan penanggulangan bencana pun akan tambal sulam. Dia pun mencontohkan berbagai kebijakan yang diambil pemerintah bukannya mengurangi masalah malah membuat masalah baru. “Seperti korban erupsi Sinabung ini masyarakat diberikan bantuan untuk sewa rumah, tapi tidak diberikan biaya untuk hidup sementara lahan tempat mereka menggantungkan hidup saat ini tidak lagi bisa dimanfaatkan. Bagaimana mereka mau hidup?” tanya Fahri.

“Contoh lainnya mereka direlokasi ke tempat yang jauh, mereka kan butuh biaya untuk transportasi. Ada juga warga yang disewakan tanah untuk digarap, tapi tanah yang disewa juga terkena dampak erupsi sehingga tidak bisa digunakan untuk bercocok tanam. Untuk apa kalau begitu lahan disewa?” katanya.

Berita selengkapnya!

 

Tuliskan komentar Anda..