DPR Minta Erupsi Sinabung Ditetapkan Bencana Nasional

0

Tribunnews.com, Jakarta РWakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta pemerintah segera menetapkan status bencana nasional terkait erupsi Gunung Sinabung. Fahri juga mendorong agar pemerintah segera menyetujui proposal rekonstruksi Sinabung yang diajukan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara.

“Melihat dampak erupsi Sinabung yang masih berlangsung hingga saat ini, sudah saatnya pemerintah menetapkannya sebagai bencana nasional,” kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dalam keterangannya, Senin (4/5/2015).

Fahri berkunjung ke Medan untuk melihat dampak erupsi Gunung Sinabung. Ia mengatakan bila pemerintah tidak menetapkan kejadian itu sebagai bencana nasional maka proposal yang diajukan harus segera ditindaklanjuti.

“Dengan demikian, pemerintah pusat harus memberikan dukungan anggaran secara penuh. DPR juga akan mendengar dari pemkab dan pemprov, seperti apa proposal mereka,” katanya.

Bila pemerintah sudah membahas proposal tersebut namun belum juga menetapkan status bencana nasional, kata Fahri, maka DPR akan mengejarnya. Sehingga, dapat masuk ke APBN 2016.

“Bisa saja pemerintah tidak menetapkannya sebagai bencana nasional dan mempercayakannya kepada daerah untuk menangani. Namun jika hal itu dilakukan, maka sama saja membuat daerah yag terdampak erupsi Sinabung kelabakan,” kata Politisi PKS itu.

 

 

Berita Selengkapnya !

Tuliskan komentar Anda..