Dipenda Padang Gelar Pemilihan Duta Pajak Kota Padang 2015

0

PKSiana, Padang – Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Kota Padang, telah selesai dan sukses menggelar pemilihan “Duta Pajak Kota Padang” tahun 2015.

Bagi duta pajak terpilih diharapkan, agar mampu berperan aktif dalam mensosialisasikan pajak daerah di kalangan masyarakat dan seluruh wajib pajak yang ada di Kota Padang. Sehingga, upaya mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang sebanyak Rp 1 triliun, dapat tercapai di akhir masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Padang 2019 nanti.

Demikian disampaikan Walikota Padang, H Mahyeldi Dt Marajo dalam sambutannya pada acara pemilihan Duta Pajak Kota Padang 2015, di Hotel Pangeran Beach, Selasa (15/12) malam.

‘Saya sangat mengapresiasi ide yang diprakarsai Dipenda Kota Padang dalam pemilihan duta pajak 2015 ini. Sebab, peserta nominasinya melibatkan para wajib pajak itu sendiri. Sehingga kita optimis, dengan menjadikan wajib pajak sebagai duta pajak, realisasi penerimaan pajak daerah akan mencapai target,” sebut walikota.

Wako juga menyampaikan, pajak daerah di samping kewajiban bagi wajib pajak, juga merupakan sumber pendapatan daerah yang berkontribusi sebesar 60 persen bagi PAD Kota Padang.

“Dengan adanya kepatuhan para wajib pajak dalam menyetorkan pajak yang dipungut ke kas daerah, secara langsung telah membantu kelancaran pembangunan di Kota Padang. Untuk itu, saya mengucapkan selamat kepada duta pajak yang terpilih berdasarkan kategorinya masing-masing. Semoga bisa menjadi mesin penggerak dalam merealisasikan target pajak daerah,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dipenda Kota Padang, Adib Alfikri menyebutkan, pemilihan duta pajak ini merupakan agenda rutin yang diadakan tiap tahun. Namun pada 2015 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana Dipenda Padang menetapkan, peserta yang dinominasikan berasal dari para wajib pajak atau pelaku usaha.

“Ini bentuk apresiasi kita kepada pelaku usaha atau wajib pajak atas peran sertanya dalam membayarkan pajak yang berkontribusi untuk pembangunan Kota Padang selama ini. Sehingga, ini juga membantu pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur yang bersumber dari pajak daerah,” terang Adib.

Adib meneruskan, para duta pajak yang terpilih adalah berasal dari para pelaku usaha sendiri melalui seleksi dengan kriteria yang ditetapkan. Seperti taat dalam memberikan laporan pajak, membayar pajak tiap bulannya, memiliki catatan selaku wajib pajak yang baik dengan tidak pernah mendapat teguran dan sanksi, dan memiliki komitmen untuk menyukseskan sosialisasi pajak daerah.

Kemudian terkait duta pajak Kota Padang 2015 yang terpilih, Kepala Seksi (Kasi) Bina Wajib Pajak dan Wajib Retribusi Dipenda Padang, Ade Hendrama menyebutkan, dari 11 jenis pajak yang dikelola Pemko Padang, ada 4 jenis pajak yang diambil para wajib pajaknya untuk dianugerahkan sebagai duta pajak. Diantaranya wajib pajak hotel, wajib pajak restoran, wajib pajak reklame dan wajib pajak hiburan.

“Dari masing-masing jenis pajak tersebut, terdapat 5 nominasi wajib pajak. Untuk kategori wajib pajak hiburan dimenangkan Tee-box, wajib pajak restoran diraih Lamun Ombak, wajib pajak hotel, Pangeran Beach dan reklame Kade Advertising,” sebut Ade.

Selain Walikota Padang kegiatan tersebut juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Padang, Muhidi serta beberapa pimpinan SKPD dan unsur pimpinan dari wajib pajak yang ada di Kota Padang. Di sela acara juga ada pemberian doorprize yang diakhiri dengan deklarasi dan penyematan pin bagi para duta pajak.

 

 

sumber : Humas dan Protokol Kota Padang

Tuliskan komentar Anda..