Didi Aryadi: Padang Siap Menjadi Tuan Rumah IORA

0

PKSiana, Padang – Kota Padang Sebagai Tuanrumah pelaksanakan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA). Tanggal 20 sampai 23 Oktober 2015, di tunjuk Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia untuk melaksanakan pertemuan negara-negara di sepanjang Samudera Hindia.

Hal itu, sangat mendapat respon dari Pemerintah Kota Padang. Bahkan Pihak Kemenlu RI pun mengecek langsung kesiapan Padang dalam menyukseskan agenda bertaraf Internasional tersebut beberapa waktu lalu.

Di katakan Ketua Pelaksana IORA, Didi Aryadi bahwa penyelenggaraan IORA langsung dibawah naungan Kementerian luar Negeri (Kemenlu) RI, sedangkan Kota Padang sebagai panitia lokal untuk menfasilitasi kegiatan dengan sebaik mungkin dan siap menjadi tuan rumah IORA. sekaligus membesarkan gaungnya.

Di samping itu, di lakukan pengecekan oleh Kemenlu RI, berhubungan dengan kemudahan yang di berikan kepada anggota IORA, soal izin Emigrasi, Bea Cukai dan Angkasapura.

Menurut Didi, Banyak yang bisa diserap dari ivent international seperti publik menjadi tahu bahwa ivent international tidak hanya digelar di Bali dan Jakarta saja, Padang juga memiliki potensi yang tidak kalah dengan kota besar lainnya.

Dengan KTT IORA ini, Padang memiliki nilai tawar yang cukup tinggi dibandingkan Kab/Kota lainnya. Selain itu Padang sebagai kota MICE, kemudian pasar terbuka lebar bagi pengusaha lokal Kota Padang yang dapat dengan leluasa berhubungan langsung dengan pengusaha anggota IORA.

Sekitara 15 dari 20 Menteri luar negeri negara anggota IORA memastikan diri hadir ke KTT IORA di Padang dan juga dipastikan juga hadir enam negara peninjau antaralain Amerika, China, Inggris, Mesir, Prancis dan Jepang.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 hari, (20-23 Oktober 2015), hari pertama pembukaan KTT IORA dan hari kedua Workshop economic Forum IORA, hari ketiga tanggal 22 Oktober dengan agenda pembahasan investasi dan perdagangan dan puncaknya council Minister Meeting and related meeting sebagai pertemuan tertinggi KTT IORA yang dihadiri menteri luar negeri negra anggota IORA bukan kepala negara.

Tambah Didi, nantinya pemecahan rekor Muri penampilan 1.200 talempong di sela-sela penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (KTT IORA,) tanggal 20-23 Oktober di Pantai Padang. “Kita menyiapkan sebanyak 1.200 talempong,” dengan jumlah penari 600 orang, masing – masing orang pemainkan 2 telompong, sebutnya.

Selain itu juga akan dilakukan pelepasan anak penyu (tukik) oleh para Menteri Luar Negeri yang hadir dalam IORA lokasi di Pantai Padang.

Didi mengharapkan seluruh warga Kota Padang dapat mensuskeskan KTT IORA dengan tetap menjaga kondisivitas keamanan dan kebersihan di Kota Padang tercinta. (tf)

 

 

sumber : Humas dan Protokol Kota Padang

Tuliskan komentar Anda..