Bantu Korban Gempa, Berikut Bantuan Indonesia untuk Nepal

0

PKSiana, Jakarta – Indonesia siap membantu evakuasi dan recovery bencana di Nepal. Tim pertama diberangkatkan hari ini, Rabu (29/4).

“Tim kesehatan yang akan bergabung pd tahap pertama 29 April terdiri dari satu orang dokter umum, 3 dokter ahli ortopedi, 2 dokter ahli anestesi, 1 doker ahli bedah umum, 6 perawat dan 2 apoteker,” ujar anggota Komisi I, Sukamta di Jakarta, Selasa (28/4).

Selain itu, misi yang digawangi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), seperti Muhammadiyah dan PKPU juga akan menyiapkan rumah sakit lapangan mini dengan fasilitas bedah. Karena itu, BNPB dan Kemkes akan membawa sejumlah perlengkapan seperti tenda komando, tenda pengungsi, tenda rumah sakit, obat-obatan anastesi dan ortopedi, serta body bags.

“Personel Tim Kesehatan adalah gabungan BNPB dan LSM (PKPU dan Muhammadiyah). PMI akan ikut sertakan dokter, obat-obatan dan keperluan sanitasi,” kata Sukamta Politisi PKS.

Ditambahkan Sukamta, sesuai kapasitas pesawat B737 TNI AU, muatan Cargo akan prioritaskan supplies dari BNPB dan PMI, baru barang pihak lain. Dua orang dari BNPB dan 2 orang tim advance Garuda juga akan ikut dalam pemberangkatan tahap pertama besok.

“Pemberangkatan tahap pertama direncanakan pukul 4 sore besok dari Halim PK. Barang akan loading sebelum pukul 12 siang. Semoga semua berjalan lancar dan Indonesia bisa berkontribusi bagi operasi kemanusiaan di Nepal,” tandas politisi PKS ini. seperti yang dikutip oleh merahputih

 

 

 

Tuliskan komentar Anda..