Anggota Fraksi PKS Sayangkan Pemblokiran Situs tanpa Klarifikasi

0

Metrotvnews.com, Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI Al Muzzammil Yusuf menyayangkan sikap Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang merekomendasikan pemblokiran beberapa situs media Islam kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika tanpa melakukan klarifikasi dan penelitian lebih dahulu.

“Pemblokiran sembarangan terhadap situs Islam sangat disayangkan. Jika itu dilakukan maka kita kembali ke rezim Orde Baru yang represif dan otoriter,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (1/4/2015) seperti dikutipAntara.

Menurut Muzzammil, seharusnya pemerintah memberikan peringatan dan mengundang para pengelola situs untuk berdialog sebelum diblokir. Dia menjelaskan tujuan dialog adalah memberikan hak jawab dan klarifikasi, apabila mereka menolak serta tidak kooperatif maka wajar jika pemerintah ekspose sikap tersebut untuk jadi catatan publik.

“Sampaikanlah surat teguran dan undangan dialog secara baik-baik dengan para pengelola situs tersebut dan tidak serta merta merekomendasikan pemblokiran tanpa tolok ukur yang jelas,” ujarnya.

Dia mengatakan BNPT seharusnya berkoordinasi dengan Kemenkominfo dan Kemenag untuk menentukan apakah website tersebut bertentangan dengan ajaran Islam atau tidak. Hal itu, menurut dia, termasuk mengundang para ahli, tokoh agama, ormas Islam serta Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengetahui apakah konten dalam situs itu menyimpang atau tidak dalam ajaran Islam.

Berita Selengkapnya !

Tuliskan komentar Anda..