Aher dan KPPU Cek Harga Daging di Kota Bandung

0

PKS, Bandung – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) bersama Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengecek langsung kondisi harga daging ayam dan daging sapi ke Pasar Cihaurgeulis, Jalan Surapati, Kota Bandung, Minggu (24/1/16) pagi. Peninjauan langsung harga ini dilakukan mengingat saat ini harga daging yang relatif tinggi dan bagian dari pengawasan agar harganya bisa kembali stabil.

Saat peninjauan, harga daging ayam di Pasar Cihaurgeulis berada di kisaran Rp36 ribu – Rp39 ribu/kg. Sementara harga daging sapi sudah berada di kisaran Rp100 ribu hingga Rp110 ribu/kg dari sebelumnya Rp120 ribu – Rp130 ribu/kg. Usai peninjauan Aher pun mengharapkan agar harga kembali turun dan stabil, karena menurutnya untuk daging ayam nilai stabilitasnya berada di kisaran Rp34 ribu/kg.

“Kata para pedagang ini (harga daging) sudah turun dibanding sebelumnya yang pernah Rp40 ribu bahkan Rp41 ribu per kilonya. Kemudian, Alhamdulillah langkah-langkah yang kita lakukan melihat mata rantainya kemudian mengontrol jangan sampai ada penimbunan dan kedzaliman dalam distribusi. Alhamdulillah sudah mulai turun,” ujar Aher.

Aher pun menyerahkan sepenuhnya kepada KPPU untuk meneliti penyebab tingginya harga daging saat ini serta melihat dampak dari kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah. Lebih lanjut Aher pun berpendapat bahwa kebijakan untuk menstabilkan harga tetap diperlukan namun disertai dengan pengawasan, sehingga tidak melewati kestabilan harga yang diinginkan dan tetap bisa menguntungkan berbagai pihak (produsen dan konsumen).

“Saya kira kebijakan untuk menstabilkan boleh-boleh saja, hanya ya harus dikontrol juga. Jangan sampai penstabilannya terlewat sehingga harusnya stabil di angka Rp 35 ribu umpanya atau diangka Rp 34 ribu, ternyata menimbulkan gejolak,” papar Aher.

 

 

 

Berita Selengkapnya!

Tuliskan komentar Anda..